Monday, January 27, 2014

Ciri Kampas Kopling Yang Mulai Aus

Kampas kopling
Tahukah anda umur kampas kopling (clutch disc) dengan pemakaian normal bisa mencapai 4 tahun ?
Bagaimana dengan usia kampas kopling kendaraan anda ...? Berapa lama anda menggunakan kampas kopling anda ?

Teman saya mengatakan tidak mungkin usia kampas kopling bisa sepanjang itu … mari kita hitung bersama pemakaian normal kendaran dalam setaun dapat menempuh jarak 10.000 km, berarti dalam 40.000 km barulah kita mengganti kampas kopling tersebut.

Namun ternyata ada yang pada usia 30.000 km sudah mengganti kampas kopling ... kenapa ?
Jawabannya bukan semata-mata karena kualitas barang .... namun lebih pada kesalahan selama mengemudi.

Berikut adalah kesalahan kecil yang memangkas usia pakai kampas kopling selama 1 tahun.
-    Jangan menekan pedal setengah kopling karena beban yang diterima kampas besar, sehingga mengikis
      permukaan kampas kopling, dan mengakibatkan cepat aus. Contoh kesalahan yang biasa terjadi adalah dengan
      menggunakan setengah kopling pada saat berhenti dilampu merah ... sebaiknya netralkan persneling /
      transmisi.
-    Lakukan perpindahan transmisi sehalus mungkin, misalnya pada saat pindah gigi naik (dari gigi 1 ke gigi 2 dst.)
     ataupun pada saat menurunkan gigi (dari gigi 4 ke gigi 3 dst.)
-    Gunakan transmisi sesuai dengan kecepatan kendaraan yang tercantum pada buku service manual. Jangan
      menggunakan gigi tinggi pada kecepatan rendah. Contoh yang sering terjadi adalah pengemudi menggunakan
      gigi 3 dengan kecepatan hanya 30 km/jam

Coba Pahami Konsep dasar berikut ini :

“Kampas kopling digunakan sebagai transfer daya kendaraan dari mesin ke roda, bukan untuk menahan beban kendaraan”

tanda-tanda kampas kopling sudah menipis di motor kopling otomatis/ganda.Bisa dicoba cara berikut:
ketika motor dalam kecepatan sekitar 60-70kpj an..kemudian gigi ada di posisi 3 coba ditarik alias teken gas dalam-dalam..
kalo motor langsung melejit dan lari itu tandanya kampas masih bagus..
tpi..
kalo motor cuma ngeden dan teriak tertahan tapi gak lari-lari ada kemungkinan kampas kopling sudah tipis..
jadi akhirnya selip..

Jadi jika motor anda larinya tidak se lincah dulu lagi, bisa jadi kampas kopling sudah termakan usia alias sudah harus diganti, sebenarnya ga diganti ga apa-apa, tapi siapa tahan coba naik motor kalau di gas ngeden-ngeden doank tanpa ada efek lari, boro-boro mau lari dari pak polisi, mau ngejer angkot aja harus turun gigi dulu baru mau ngejer.

 Saran saya kalau motor sudah menunjukkan gejala gejala demikian, segeralah ke bengkel dan tanyakan sama mekanik nya, kalau kampasnya sudah waktunya diganti, ya diganti, jangan ditunda tunda, dari pada mesin nambah parah, harganya juga ga mahal mahal amat. oke sekian tips dari saya, semoga membantu permasalahan dan keluhan kalian selama ini.

BACA JUGA:

Saturday, January 25, 2014

Cara Membuat Rem Belakang Pakem

Oke, kali ini saya mau bahas trik baru nih cara membuat rem belakang motor bebek (tromol) menjadi pakem plus sekalian menghilangkan bunyi berisik ketika ngerem.... 
bagi sobat yang punya permasalahan rem pada motor bebek sobat, seperti rem gak pakem lah, kalo mau ngerem harus nginjek ekstraa, atau terganggu bunyi berisik ketika ngerem, duhh pasti malu banget kalo lagi di tempat rame harus mendengar bunyi yang menyakitkan kepala. okeh, semuanya ane punya solusinya, gak perlu ganti ke rem cakram, cukup bermodal +- Rp 30.000 doang, rem belakang sobat udah keset abis, malah bisa dibuat ngesott di jalanan. ya sudahlah ini dia triknya yaitu mengganti tuas rem belakang bawaan motor bebek dengan ukuran yang lebih panjang, boleh punya (tiger, bison, mega pro, rx king). dijamin langsung tokcer, karena ane juga juga make trik ini. ane make motor karisma. berikut perbandingan panjang tuas ori bawaan karisma dengan punya si tiger
"ini hanya berlaku untuk motor honda ya, soalnya ane belum nyoba di motor jenis lain, mungkin beda tuasnya"
Punya  (Karisma) = 62 mm
Punya Tiger = 95 mm
Dengan perbedaan 33mm sangat brpengaruh bangett gan.

Tuas rem belakang
tuas rem belakang karisma original
Tuas rem belakang
perbandingan panjang tuas rem 

Dirunut secara logika, masuk akal memang. Efek tungkai rem panjang, mirip seperti kita buka sebuah baut dengan menggunakan kunci. Dengan kunci yang panjang, daya yang dikeluarkan lebih sedikit dan baut akan terasa lebih enteng untuk dibuka. Tak perlu kuras banyak tenaga. Bandingkan bila baut tersebut kita buka dengan kunci yang lebih pendek. Terasa lebih susah dan makan banyak tenaga. Begitupun dengan pengereman. Tak perlu banyak tenaga injek rem, rem sudah pakem

BACA JUGA:

Tuesday, January 21, 2014

Jadwal Pendaftaran Sekolah kedinasan

STAN
Sibuk telah tiba, itulah kalimat yang pas untuk siswa kelas 12 SMA, MA maupun SMK di indonesia. Mulai persiapan ujian nasional, hingga mau kemana setelah ujian nasional. Ya udah deh, dari pada ga ada Kerjaan mending belajar gih sono, trus persiapkan juga snmptn, sbmptn, dan ujian lainnya juga, karena kalian harus bersiap berjibaku dengan jutaan manusia di indonesia untuk berebut 1 kursi bangku kuliah. Selain universitas ada juga yang namanya sekolah kedinasan. kenapa disebut kedinasan?. jawabannya karena sekolah ini kebanyakan bekerja sama atau bahkan di bentuk langsung oleh kementrian terkait. sehingga jika sudah lulus tanpa pusing-pusing ria mencari pekerjaan, karena sudah di tarik sama dinas terkait. ya udah sob tanpa basa basi, berikut jadwal pendaftaran sekolah-sekolah kedinasan tahun 2014, di catat ya kalau perlu di buat di kertas besar dan tempel di sebelah kalendernya  wkwkwkwkw

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)
Sekitar bulan Juni

Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD)
Pertengahan Februari - Pertengahan Juni

Sekolah Tinggi Perikanan (ST Perikanan)
Akhir April - Akhir Juni

Akademi Pariwisata Makassar (AKPAR Makassar)
Awal April - Pertengahan Juli

Akademi Pariwisata Medan (AKPAR Medan)
Awal April - Awal Juli

Sekolah Tinggi Pariwisata Bali (STP Bali)
Awal Mei - Pertengahan Juni

Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi - Lembaga Administrasi Negara (STIA LAN)
Awal Oktober - Pertengahan Juni Semester gasal 21 oktober - 27 desember 2013 semester genap 10 maret - 16 mei 2014

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP)
Pertengahan Februari - Akhir Juni

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)
Pertengahan Februari - Akhir Juni

Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (ST3)
Awal April - Akhir Juni
Jalur PMDK (new)
Tahap I : 11 Nopember - 11 Desember 2013
Tahap II : 2 januari - 3 Maret 2014

Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI)
Pertengahan Februari - Awal Agustus

Akademi Teknologi Kulit (ATK)
Awal Februari - Pertengahan Juli
Jalur P M D K Tanggal 6 Januari – 28 Maret 2014
Pengumuman Tanggal 7 April 2013
Jalur Tes
Jalur Tes dibuka dalam tiga gelombang
Gelombang I
Pendaftaran Tanggal 6 Januari – 28 Maret 2014
Pengumuman Tanggal 7 April 2014
Gelombang II
Pendaftaran Tanggal 1 April – 30 Mei 2014
Pengumuman Tanggal 9 Juni 2014
Gelombang III
Pendaftaran Tanggal 2 Juni – 18 Juli 2014
Pengumuman Tanggal 28 Juli 2014


Akademi Kimia Analisis (AKA)
Awal Januari - awal Juli
Seleksi Raport dibuka mulai 2 januari - 11 April 2014
Pengumuman 25 April 2014
Jalur Ujian Masuk dibuka sampai 1 Juli 2014
Tes akan dilaksanakan pada 5 Juli 2014

Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP Bogor)
Awal April - Akhir Agustus

Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS)
Awal Mei - Pertengahan Juni

Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir (STTN)
Akhir April - Akhir Mei

Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)
Akhir Maret - Akhir April

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)
Akhir Maret - Awal Mei

Akademi Meteoroli dan Geofisika (AMG)
Pertengahan Februari - Pertengahan April

Akademi Kepolisian (AKPOL)
Akhir April - Akhir Mei

Akademi Ilmu Pemerintahan (AKIP)
Sekitar Bulan Maret

Akademi Imigrasi (AIM)
Sekitar Bulan Maret

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN)
Sekitar Bulan Juni

Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)
Sekitar Bulan Juni atau awal Juli

Akademi Militer (AKMIL)
Awal Februari - Akhir Ressy

Akademi Angkatan Udara (AAU)
Antara Bulan Maret - April

Akademi Angkatan Laut (AAL)
Awal Februari - Akhir Maret

Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STP Bandung)
Awal Maret - Pertengahan Juli

Sekolah Tinggi Multi Media Training Center (ST MMTC)
Akhir Februari - Awal Agustus

Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN)
Gelombang 1 dibuka tanggal 13 januari 2014 
Gelombang 2 dibuka tanggal 3 april 2014 
Gelombang 3 dibuka tanggal 22 Mei 2014 
Gelombang 4 dibuka tanggal 20 Juni 2014


Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)
Pendaftaran Paling lambat 31 Jan 2013 untuk Jakarta – Yogyakarta – Surabaya 
Pendaftaran Paling Lambat 14 Februari untuk Bandung – Medan – Palembang 
Pendaftaran Paling Lambat 21 Februari untuk Banjarmasin – Makassar

**Waktu tersebut bisa saja berubah, sesuai dengan ketentuan panitia penerimaan. Sehingga untuk amannya, terus pantau situs resmi mereka yah teman-teman. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih

Monday, January 20, 2014

Soal TPA dan pembahasannya

Bagi kalian yang akan memasuki babak baru sehabis sma dan akan mengikuti serangkaian tes ujian PTN. Berikut ini saya akan bagikan soal soal TPA beserta pembahasannya. semoga soal2 tersebut bisa dijadikan sarana latihan menjelang ujian sesungguhnya :D


1. Supir : Mobil
A. Pesawat : Pilot
B. Kuda : Pedati
C. Masinis : Kereta Api
D. Delman : Kusir
E. Pilot : Masinis

2. Pikiran : Otak
A. Buku : Printer
B. Kata-kata : Lisan
C. Komputer : Ketikan
D. Awan : Langit
E. Hujan : Uap

3. Dompet : Uang
A. Gunung : Harimau
B. Tas sekolah : Buku
C. Laut : Garam
D. Burung : Sangkar
E. Kandang : Ayam

4. Agama : Atheis

A. Sandal : Sakit kaki
B. Tali : Jatuh
C. Menikah : Bujang
D. Antena : Sinyal
E. Buku : Bodoh

5. Pesawat : Avtur
A. Radio : Listrik
B. Sepeda motor : Bensin
C. Pedati : Kuda
D. Hand phone : Baterai
E. Tape mobil : Accu

6. Pari : Ikan
A. Gandum : Teri
B. Mangga : Manis
C. Jambu : Biji
D. Bayam : Sayur
E. Burung : Ayam

7. Pizza : Gandum
A. Rumah : Tukang
B. Genteng : Tanah liat
C. Patung : Pemahat
D. Gambar : Pelukis
E. Skripsi : Buku

8. Moderen : Tradisional
A. Roket : Rudal Scud
B. Ferrari : Fiat
C. Pesawat : Sepeda motor
D. Mobil : Pedati
E. TV : VCD Player

9. Indonesia : Belanda
A. Malaysia : Inggris
B. India : Spanyol
C. Australia : Selandia Baru

10. Karnivora : Singa
A. Reptilia : Buaya
B. Manusia : Omnivora
C. Herbivora : Sapi
D. Omnivora : Harimau
E. Herbivora : Omnivora

11. Norwegia : Luxemburg
A. Vietnam : Indonesia
B. Australia : Inggris
C. Brazil : Spanyol
D. Iraq : Australia
E. Chili : China

12. Penyelam laut dalam : Tabung Oksigen
A. Petani : Kerbau
B. Perampok : Topeng muka
C. Penerjun payung : Parasut
D. Polisi : Mobil patroli
E. Burung : Sayap

13. Bodoh : Idiot
A. Pintar : Pandai
B. Pandai : Jenius
C. Dungu : Cerdas
D. Rajin : Pintar
E. Jenius : Cerdas

14. Bola lampu : Thomas A. Edison
A. Mesin uap : James Watt
B. Telepon : Alexander George
C. Pesawat : Copernicus
D. Radio : Pierre Curie
E. Listrik : Michael Moorer

15. Gading : Gajah
A. Taring : Macan
B. Gigi : Singa
C. Kuping : Kelinci
D. Kulit : Ular
E. Hidung : Bekantan

Padanan Hubungan 


17. Bulan : Bumi    Bumi :
A. Tata surya
B. Planet
C. Bintang
D. Matahari
E. Bulan

 18. Elang : Kelinci    Ular :
A. Ikan
B. Singa
C. Ulat
D. Tikus
E. Gagak

19. Platina : Logam  Permata :
A. Intan
B. Batu
C. Emas
D. Safir
E. Akik

20. Manusia : Otak  Komputer :
A. Memori
B. Disket
C. Processor
D. Windows 98
E. Monitor

21. Gandum : Kue Tart  Besi :
A. Paku
B. Pasak
C. Mur
D. Lempengan besi
E. Gerbang rumah
22. Ilmu tentang bumi : Geologi Ilmu tentang
penggambaran bumi :
A. Geomorfologi
B. Geodhesi
C. Geografi
D. Demografi
E. Geocon

23. Padi : wereng   Bayam :
A. Kera
B. Ulat
C. Rumput
D. Ular
E. Belatung

24. Soekarno Hatta : Indonesia Changi :
A. India
B. Australia
C. Singapura
D. Thailand
E. China

25.Gudeg : Malioboro   Stadion Manahan :
A. Pasar Beringharjo
B. Indonesia Plaza
C. Stadion Gajayana
D. Rujak Cingur
E. Keraton Solo

26.Thailand : Thai Boxing Brazil :
A. Ninjitsu
B. Jitkundo
C. Kempo
D. Brazilia Boxing
E. Cappoeira

27. Pupuk : Petani   Solar :
A. Truk
B. SPBU
C. Rakyat
D. Pengusaha Transportasi
E. Bis kota

28. Indonesia : Soekarno  Amerika Serikat :
A. George Bush
B. Abraham Lincoln
C. John F.Kennedy
D. Uncle Sam
E. George Washington

Tes Sinonim

29. Laik
A. Baik
B. Pintar
C. Layak
D. Semakin
E. Buruk

30. Fantastis
A. Ampuh
B. Sakti
C. Bagus
D. Luar biasa
E. Kesenangan

31. Artifisial
A. Alami
B. Campuran
C. Murni
D. Buatan
E. Pabrikan

32. Panorama
A. Penglihatan
B. Pemandangan
C. Melihat
D. Memandang
E. Tontonan

33. Anonim
A. Nama singkat
B. Singakatan
C. Kepanjangan dari
D. Tanpa nama
E. Nama kecil

34. Pandir
A. Agak pintar
B. Bodoh
C. Pandai hadir
D. Tidak Jenius
E. Pemandangan

35. Efektif
A. Manjur
B. Tepat sasaran
C. Tepat waktu
D. Hemat
E. Efisien

36. Egaliter
A. Suka memerintah
B. Otoriter
C. Sederajat
D. Militer
E. Tentara

37. Intermediari
A. Sales
B. Tidak susah
C. Cukup
D. Perantara
E. Terus terang

38. Faksi
A. Partai
B. Perpecahan
C. Golongan
D. Pendapat
E. Pandangan

39. Kontribusi
A. Uang
B. Dana
C. Sumbangan
D. Hadiah
E. Pajak

40. Ambigu
A. Mendua
B. Bingung
C. Tidak tentu
D. Tidak ada keputusan
E. Mengambang

41. Komplemen
A. Makanan sehat
B. Bagian
C. Departemen
D. Pelengkap
E. Bahan pengganti

42. Kompleksitas
A. Kerumitan
B. Perumahan berjumlah banyak
C. Keteraturan
D. Susunan
E. Banyak

43. Nomadik
A. Tarzan
B. Tidak punya komunitas
C. Temannya banyak
D. Tinggalnya tidak tetap
E. Orang utan

44. Nomenklatur
A. Nominator
B. Kandidat
C. Tata nama
D. Ilmu hewan
E. Dua nama

45. Adagium
A. Puisi
B. Puisi cinta
C. Pepatah
D. Parabel
E. Jargon

Cukup sekian soal2 tes tpanya, dan akan dilanjutkan pada soal tpa dan pembahasan part 2

Jawaban Tes Verbal

1. Seorang supir mengendalikan jalannya mobil. Seorang masinis mengendalikan jalannya kereta. (C)
2. Pikiran dihasilkan oleh otak. Kata-kata dihasilkan oleh lisan. (B)
3. Dompet biasa untuk menyimpan uang. Tas sekolah
4. Tidak beragama adalah atheis. Tidak menikah sama dengan bujang. (C)
5. Bahan bakar pesawat adalah avtur. Bahan bakar sepeda motor adalah bensin (B)
6. Pari adalah salah satu jenis ikan. Bayam adalah  salah satu jenis sayur (D)
7. Pizza, bahan bakunya adalah gandum. Sedangkan genteng, bahan bakunya adalah tanah liat (B)
8. Alat  moderen dan alat tradisional adalah mobil dan pedati. (D) Semua alat lain yang disebutkan adalah
moderen.
9. Indonesia pernah dijajah oleh Belanda. Dan Malaysia pernah dijajah oleh Inggris. (A)
10. Salah satu jenis karnivora (pemakan daging) adalah singa. Pilihan B tidak sepadan dengan urutan
pertanyaan (Jenis : Contoh, bukan Contoh : Jenis). Jadi pilihan B kurang tepat, meskipun benar manusia
adalah omnivora.  Sedangkan salah satu jenis herbivora (pemakan tumbuhan) adalah sapi. Jadi,
pilihan yang benar dan tepat adalah (C)
11. Norwegia dan Luxemburg adalah dua negara yang sama-sama berada di benua Eropa. Vietnam dan
Indonesia adalah dua negara yang sama-sama berada di benua Asia. (A)
12. Penyelam butuh alat paling penting berupa tabung oksigen. Penerjun payung butuh alat paling penting
yaitu parasut. (C)
13. X dan sangat X. Bodoh, sangat bodoh. Pandai, sangat pandai (jenius). Jadi, pilihannya adalah (B)
14. Bola lampu ditemukan pertama kali oleh Thomas A. Edison, Sedangkan mesin uap ditemukan oleh James Watt (A)
15. Gading adalah benda yang paling diburu dari gajah karena punya nilai ekonomis sangat tinggi. Sedangkan
kulit ular adalah benda yang paling diburu dari seekor ular karena punya nilai ekonomis sangat tinggi. (D)
16. Seorang programmer menghasilkan suatu produk berupa software (program). Sedangkan sutradara
menghasilkan suatu produk berupa film (E)
17. Bulan berputar mengelilingi bumi. Bumi berputar mengelilingi matahari (D)
18. Elang berburu kelinci. Ular berburu tikus (D)
19. Platina adalah salah satu jenis logam. Permata adalah alah satu jenis batu (B)
20. Pusat berpikir manusia adalah otak. Pusat berpikir sebuah komputer adalah prosessor (C)
21. Nilai tambah tertinggi dari sebuah gandum adalah kuetart. Nilai tambah tertinggi dari sebuah besi adalah
gerbang rumah (E)
22. Ilmu tentang bumi adalah geologi. Ilmu tentang gambaran bumi adalah geografi (C)
23. Padi biasa diserang atau dirusak oleh wereng. Sedangkan bayam biasa dirusak oleh ulat (B)
24. Bandara Soekarno Hatta ada di Indonesia. Sedangkan bandara Changi ada di Singapura (C)
25. Gudeg dan Malioboro adalah ciri khas dari kota yang sama, yaitu Jogja. Sedangkan ciri khas yang satu kota dengan stadion Manahan (Solo) adalah Keraton Solo. (E)
26. Thailand adalah negara asal dari olahraga beladiri Thai Boxing. Sedangkan Brazil adalah negara asal
dari beladiri Cappoeira. (E)
27. Pupuk adalah produk yang menjadi perhatian utama seorang petani. Sedangkan solar adalah produk yang menjadi perhatian utama seorang pengusaha transportasi (D)
28. Indonesia memiliki presiden pertama Soekarno. Amerika memiliki presiden pertama George
Washington (E)

Tes sinonim

29. Laik = Layak (C)
30. Fantastis = Luar biasa (D)
31. Artifisial = Buatan (D)
32. Panorama = Pemandangan (B)
33. Anonim = Tanpa nama (D)
34. Pandir = Bodoh (B)
35. Efektif = Manjur (A)
36. Egaliter = Sederajat (C)
37. Intermediari = Perantara, penengah (D)
38. Faksi = Golongan (C)
39. Kontribusi = Sumbangan (C)
40. Ambigu = Mendua (A)
41. Komplemen = Pelengkap (D)
42. Kompleksitas = Kerumitan (A)
43. Nomadik = Tinggalnya tidak tetap (D)
44. Nomenklatur = Tata nama (C)
45. Adagium = Pepatah (C)

Baca juga artikel terkait di bawah


  • Tips dan trik mengerjakan soal TPA
  • smart solution mengerjakan TPA
  • Soal soal TPA beserta pembahasan
  • soal soal usm unsri
  • Kumpulan soal STAN dan Simak UI


  • Sekian soal tpa dan pembahasannya, bagi yang ingin request soal soal tpa maupun soal lainnya beserta pembahasannya silahkan tulis di kolom komentar okeee



    Saturday, January 18, 2014

    Daftar program studi UNSRI

    Daftar program studi UNSRI
    Bagi sobat yang ingin melanjutkan jenjang studinya di universitas sriwijaya, tapi bingung mau ngambil apa dan seberapa besar peluangnya, berikut daftar program studi yang ada di universitas sriwijaya beserta daya tampungnya (daya tampung dalam daftar ini adalah untuk snmptn, persentase kuota SNMPTN 50%, SBMPTN 25%, dan USM 25 %). semoga bisa dijadikan bahan referensi untuk sobat agar tak salah pilih

    Daftar Program Studi untuk UNIVERSITAS SRIWIJAYA                                
              

    1.            AGRIBISNIS                                          100                                           
    2.            AGROEKOTEKNOLOGI                      142                                     
    3.            AKUNTANSI                                         122                                         
    4.            ARSITEKTUR                                         55                                           
    5.            BIMB & KONSELING                           40                                      
    6.            BIOLOGI                                                 67                                         
    7.            BUDIDAYA PERAIRAN                        46                                        
    8.            EKONOMI PEMBANGUNAN              122                                         
    9.           *FARMASI (2011)                                   42                                                   
    10.          FISIKA                                                    58                                          
    11.          ILMU ADM NEGARA                            85                                        
    12.          ILMU HUKUM                                       230                                     
    13.          ILMU KELAUTAN                                 50                                           
    14.          ILMU KEPERAWATAN                         58                                         
    15.          ILMU KESEHATAN MASYARAKAT   125                                                     
    16.          KIMIA                                                      67                                          
    17.          MANAJEMEN                                         122                                         
    18.          MATEMATIKA                                        58                                         
    19.          PAUD                                                       40                                           
    20.          PEND BHS INGGRIS                              40                                           
    21.          PEND BHS, SATRA IND & DAERAH    40                                           
    22.          PEND BIOLOGI                                       40                                                 
    23.          PEND EKONOMI                                    40                                          
    24.          PEND FISIKA                                          40                                          
    25.          PENDIDIKAN DOKTER                         115                                         
    26.          PENDIDIKAN DOKTER GIGI                42                                                
    27.          PEND. KIMIA                                          40                                                   
    28.          PEND. MATEMATIKA                            40                                           
    29.          PEND SEJARAH                                      40                                           
    30.          PEND TEKNIK MESIN                           40                                           
    31.          PENJASKES                                             40                                           
    32.          PETERNAKAN                                        46                                                    
    33.          PGSD                                                        40                                         
    34.          PPKN                                                        40                                          
    35.          SISTEM INFORMASI                              67                                           
    36.          SISTEM KOMPUTER                              67                                        
    37.          SOSIOLOGI                                             85                                           
    38.          TEKNIK ELEKTRO                                 80                                          
    39.          *TEKNIK GEOLOGI (2013)                    50                                           
    40.          TEKNIK INFORMATIKA                       67                                           
    41.          TEKNIK KIMIA                                       80                                           
    42.          TEKNIK MESIN                                      80                                           
    43.          TEKNIK PERTAMBANGAN                  80                                          
    44.          TEKNIK PERTANIAN                            50                                           
    45.          TEKNIK SIPIL                                         80                                           
    46.          TEKNOLOGI HASIL PERIKANAN       46 
    47.          TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN                 50     
    48.          *PSIKOLOGI (2013)                                            

                      

    Friday, January 17, 2014

    Smart solution mengerjakan soal TPA

    soal tpa


    Dalam soal tes ujian masuk PTN seperti SBMPTN dan lainya, terdapat soal bertipe TPA atau soal2 yang berkaitan dengan nalar. yang jumlahnya tidak tentu setiap tesnnya ada yang 60, 70, 75 dan setiap jawaban benar kita diberi point +4 dan salah -1 tidak menjawab 0, karena soal TPA ini masih dibilang cukup mudah dan bersifat nalar / setiap orang pasti bisa menjawabnya, maka pada sesi TPA ini kita harus mengerjakanya dengan semaksimal mungkin minimal benar 60 lah kalau diberi waktu 60 menit, artinya satu soal 1 menit, dan kalu bisa di atas itu, agar nantinya point yang terkumpul banyak dan membuka peluang untuk bisa lulus, karena point yang bisa di dapat di TPA lumayan besar. TPA terdiri dari beberapa tes kemampuan penalaran, diantaranya aljabar dan aritmatika,  penalaran deduktif, dan penalaran verbal bagi yang belum baca smart solution yang kemampuan penalaran deduktif silahkan baca 

    PENALARAN VERBAL
    1.  SINONIM (Padanan Kata)
    Soal-soal sinonim, kemampuan yang dituntut adalah adik-adik mampu mencari arti dari sebuah kata pada pilihan jawaban yang tersedia. Tips agar adik-adik mudah menyelesaikan soal tentang sinonim adalah sering membaca. Nah, saat menemukan kata-kata asing, jangan ditinggalkan begitu saja, catat dan coba mencari padanan katanya di Kamus Besar Bahasa Indonesia. 
    • TRIK SUPERKILAT:
    Seringkali ada pilihan jawaban yang hampir mirip dengan soal. Biasanya jawaban ini adalah diberikan sebagai jawaban jebakan.
    Contoh
    •  soal sinonim
    PARTIKELIR = ....
    A. Tukang parkir
    B. Partisan
    C. Partisi
    D. Swasta
    E. Enterprener
    • Pembahasan:
    Jawaban B dan C mirip dengan kata yang digunakan pada soal. Biasanya ini mudah kita eliminasi sebagai jebakan jawaban..... Sehingga mempemudah kita dalam menjawab soal sinonim ini. Jawaban yang tepat adalah ”swasta”.

    2. ANTONIM (Lawan Kata)

    Soal tentang antonim ini kebalikan dari sinonim. Dalam soal antonim adik-adik dituntut untuk mencari lawan kata dari soal yang diberikan.
    Contoh
    •  soal antonim:
    TERKATUNG
    A. Melayang
    B. Pasti
    C. Ombak
    D. Terperosok
    E. Terbenam
    • Pembahasan:
    Kata ”terkatung” memiliki makna ”terapung”. Sehingga lawan kata dari ”terapung” adalah ”terbenam”.
    • TIPS SUPERKILAT:
    Untuk mempermudah menemukan jawaban, buatlah kalimat yang mengandung kata pada soal dan jawaban. Temukan mana yang memiliki makna sama.

    3.  ANALOGI (Padanan Hubungan)

    Pada soal analogi, adik-adik dituntut kemampuan untuk mencari padanan hubungan antara soal dengan jawaban. Pada tipe soal ini kemampuan nalar mutlak diperlukan untuk menemukan hubungan yang sama atau serupa pada pasangan kata pada soal dan jawaban. Langkah untuk menemukan hubungan tersebut adalah dengan mencoba kata yang cocok digunakan pada kedua pasangan kata pada soal maupun pada jawaban.
    Kombinasi bentuk soal analogi ada tiga jenis:

    •  Diketahui pasangan pertama, ditanyakan pasangan kedua:
    Contoh:
    FIKTIF : FAKTA = .... : ....
    A. dagelan : sandiwara
    B. dongeng : peristiwa
    C. dugaan : rekam
    D. data : estimasi
    E. rencana : projeksi
    • Pembahasan:
    Padanan yang digunakan adalah ”sifat”. ”Fiktif adalah fakta yang tidak benar- benar terjadi, dongeng adalah peristiwa yag tidak benar-benar terjadi”
    •  Diketahui pasangan pertama dan salah satu kata dari pasangan kedua:
    Contoh:
    RUMPUT : LAPANGAN = bintang : ....
    A. nebula
    B. langit
    C. angkasa
    D. malam
    E. antariksa
    • Pembahasan:
    Padanan yang digunakan adalah ”asosiasi”. ”Rumput bisa ditemukan di lapangan, bintang bisa ditemukan di langit”
    • Diketahui hanya salah satu kata pada kedua pasangan kata:
    Contoh 1:
    MUSYAWARAH berhubungan dengan .... sebagaimana .... berhubungan dengan
    LULUS.
    A. rapat – tamat
    B. berembuk – kuliah
    C. diskusi – tugas
    D. mufakat – ujian
    E. debat – kompetisi
    • Pembahasan:
    Padanan yang digunakan adalah ”fungsi”. ”Musyawarah diadakan untuk mencapai mufakat, ujian diadakan untuk mencapai kelulusan”
    Contoh 1:
    .... berhubungan dengan SIANG sebagaimana TITIK berhubungan dengan
    ....
    A. pagi – huruf kapital
    B. sore – bacaan
    C. panas – koma
    D. matahari – berhenti
    E. malam – koma
    • Pembahasan:
    Padanan yang digunakan adalah ”urutan”. ”Siang terjadi setelah pagi, huruf kapital mengawali kalimat setelah tanda titik”
    •  TIPS SUPERKILAT:
    Bagi yang belum pernah mengerjakan soal analogi tentunya akan kesulitan karena daya nalar muncul karena dilatih. Jadi mulai sekarang jangan segan untuk berlatih! Oke! Bagi yang sering mengerjakan soal analogi tentunya dapat dengan mudah menemukan jawaban yang sesuai.
    contoh
    • soal analogi:
    KERING : LEMBAB = .... : ....
    A. gelap : remang-remang
    B. cahaya : terang
    C. panas : basah
    D. matahari : gunung
    E. siang : malam
    • Langkah menyelesaikan:
     Coba temukan hubungan antara dua kalimat yang diketahui. Coba-cobalah membuat kalimat, misal lembab itu tidak kering. Lalu coba gunakan hubungan tadi pada semua pilihan jawaban, cari mana yang cocok dan sesuai dengan hubungan yang telah anda buat tadi, misal dicek pada jawaban:

    A. gelap itu tidak remang-remang (bisa saja benar karena remang-remang itu proses menuju gelap)
    B. cahaya itu tidak terang (salah)
    C. panas itu tidak basah (salah)
    D. matahari itu tidak gunung (salah)
    E. siang itu tidak malam (bisa saja benar)

    Masih ada dua kata yang bisa tepat, coba lagi bikin kata yang lebih spesifik. Oh jadi padanan hubungan yang digunakan adalah ”urutan”. Sehingga hubungan yang tepat antara adalah proses yang terjadi sebelum kering adalah lembab. Maka dengan mudah kita temukan jawabannya adalah, proses yang terjadi sebelum gelap adalah remang-remang. Sehingga, jawabannya KERING : LEMBAB = gelap : remang-remang.
    • SUPERKILAT:
    Hubungan yang biasanya muncul pada soal tipe analogi atau padanan hubungan adalah:
    •   Urutan:
    KERING : LEMBAB = .... : ....
    A. gelap : remang-remang
    B. cahaya : terang
    C. panas : basah
    D. matahari : gunung
    E. siang : malam
    ”Sebelum kering adalah lembab, sebelum gelap adalah remang-remang.
    •   Definisi
    GURU : SEKOLAH = .... : ....
    A. penebang pohon : pabrik
    B. musisi : piano
    C. pengacara : panggung
    D. penyanyi : suara
    E. petani : ladang
    ”Guru bekerja di sekolah, petani bekerja di ladang”
    •   Ukuran
    SAMUDRA : LAUT = .... : ....
    A. benua : pulau
    B. internasional : batas negara
    C. kapal : nelayan
    D. negara : pantai
    E. luas : dalam
    ”Laut yang besar adalah samudra, pulau yang besar adalah benua.”
    •   Golongan
    KUDA LAUT : KUDA = .... : ....
    A. kucing : harimau
    B. banteng : sapi
    C. biawak : komodo
    D. cacing : belut
    E. merpati : elang
    ”Kuda laut bukan sejenis kuda, cacing bukan sejenis belut”
    •   Habitat
    BURUNG : UDARA = .... : ....
    A. ibu : halaman
    B. unta : kebun binatang
    C. makanan : meja
    D. ikan : air
    E. penyair : pujangga
    ”Burung hidupnya terbang di udara, ikan hidupnya berenang di air”
    •   Sebab Akibat
    KEHAUSAN : AIR = .... : ....
    A. kemakmuran : kerja keras
    B. kebodohan : miskin
    C. kegembiraan : hiburan
    D. kelelahan : kerja
    E. kelaparan : pangan
    ”Kehausan terjadi karena kekurangan air, kelaparan terjadi karena kekurangan pangan”
    •   Sifat
    MONTIR : OBENG = .... : ....
    A. polisi : peluru
    B. pengarang : majalah
    C. tukang : gergaji
    D. sosiolog : kendaraan
    E. mobil : bensin
    ”Obeng adalah alat yang digunakan oleh montir, gergaji adalah alat yang digunakan oleh tukang”
    •   Fungsi/Manfaat
    SENAPAN : BERBURU = .... : ....
    A. kapal : berlabuh
    B. kereta : langsir
    C. pancing : ikan
    D. perangkap : menangkap
    E. parang : mengasah
    ”Senapan digunakan untuk berburu, perangkap digunakan untuk menangkap”
    •   Asosiasi
    KULIT : SISIK = .... : ....
    A. tegel : lantai
    B. rumah : kamar
    C. keramik : mozaik
    D. dinding : cat
    E. atap : genteng
    ”Sisik-sisik menyusun kulit, gentenggenteng menyusun atap”

    Sekian tips dan trik untuk tpa kemampuan verbal, semoga bermanfaat dan diterapkan dalam mengerjakan soal tpannya nanti baca juga

    yang mau request silahkan corat coret komentarnya :D

    Soal Soal USM Unsri

    Bagi sobat yang ingin melanjutkan studi ke kampus bumi sriwijaya alias unsri, Beringas bakal soal tes USM UNSRI tahun 2011 kemarin, ya walaupun tahun 2011, tapi tidak menutup kemungkinan untuk keluar lagi tahun ini. semoga bisa di jadikan referensi dan bahan pembelajaran bagi kalian yang ingin masuk universitas sriwijaya. langsung saja download versi pdfnya  disini

    Trik dan tips mengerjakan soal TPA

    soal tpa
    Dalam soal tes ujian masuk PTN seperti SBMPTN dan lainya, terdapat soal bertipe TPA atau soal2 yang berkaitan dengan nalar. yang jumlahnya tidak tentu setiap tesnnya ada yang 60, 70, 75 dan setiap jawaban benar kita diberi point +4 dan salah -1 tidak menjawab 0, karena soal TPA ini masih dibilang cukup mudah dan bersifat nalar / setiap orang pasti bisa menjawabnya, maka pada sesi TPA ini kita harus mengerjakanya dengan semaksimal mungkin minimal benar 60 lah kalau diberi waktu 60 menit, artinya satu soal 1 menit, dan kalu bisa di atas itu, agar nantinya point yang terkumpul banyak dan membuka peluang untuk bisa lulus, karena point yang bisa di dapat di TPA lumayan besar. TPA terdiri dari beberapa tes kemampuan penalaran, diantaranya aljabar dan aritmatika,  penalaran deduktif, dan penalaran verbal

                                                                vizzy.us safety url monetize
     Tes Potensi Akademik Kemampuan Penalaran Deduktif

    Pada penalaran deduktif adik-adik dituntut kemampuan untuk menarik sebuah kesimpulan
    (konklusi) dari fakta-fakta yang telah disediakan pada soal. Fakta-fakta tersebut berupa premis,
    pernyataan atau proposisi.

    1. KONKLUSI

    • (Penarikan Kesimpulan)

    Pada tes konklusi atau penarikan kesimpulan yang perlu ditekankan adalah tes ini bukan menguji kemampuan berbahasa Indonesia. Akan tetapi lebih dari itu, tes konklusi atau penarikan kesimpulan ini menguji kemampuan anda dalam mengolah fakta yang tersedia pada soal untuk kemudian menarik kesimpulan yang tepat.  Disini, kemampuan adik-adik dalam memahami premis dan menarik kesimpulan sangat diutamakan. Silahkan diingat kembali pada pelajaran Matematika SMA kelas X tentang ”Logika Matematika” pada subbab penarikan kesimpulan. Bagaimana cara menarik kesimpulan yang benar. Itu adalah dasar yang diperlukan dalam menarik kesimpulan pada tipe soal SBMPTN.   Ups, tapi tidak cukup itu saja yang diperlukan. Kemampuan adik-adik dalam memanipulasi informasi tanpa merubah maknanya dan mengambil kesimpulan secara logis (bukan secara perasaan) juga merupakan salah satu hal penting yang perlu dipelajari lagi. 

    Di kelas X SMA tentunya adik-adik masih ingat tentang penarikan kesimpulan berikut:

    • . Modus Ponens

    5 ⇒ 7
    5
    ∴ 7
    Jika hujan turun maka Sinta memakai payung.
    Sinta memakai payung.
    Maka kesimpulannya adalah hujan turun.

    • . Modus Tollens

    5 ⇒ 7
    ∼ 7
    ∴ ∼ 5
    Jika saya lulus tes SNMPTN maka saya akan dibelikan sepeda motor.
    Saya tidak dibelikan sepeda motor.
    Maka kesimpulannya adalah saya tidak lulus tes SNMPTN.

    • . Silogisme

    (Silogisme Hipotesis)

    5 ⇒ 7
    7 ⇒ <
    ∴ 5 ⇒ <
    Jika saya belajar giat maka saya akan wisuda tepat waktu.
    Jika saya wisuda tepat waktu maka saya akan cepat menikah.
    Maka kesimpulannya adalah jika saya belajar giat maka saya akan cepat menikah.

    Nah selain ketiga jenis penarikan kesimpulan tersebut masih ada lagi bagaimana cara penarikan kesimpulan yang lain, yaitu:

    • . Silogisme Kategorial

    Semua tumbuhan memerlukan air.
    Akasia adalah tumbuhan
    Maka kesimpulannya adalah akasia memerlukan air.

    Tidak ada pemain AC Milan yang berasal dari Indonesia.
    Semua pemaian Timnas berasal dari Indonesia.
    Maka kesimpulannya adalah tidak ada permain Timnas yang bermain di AC Milan.

    Semua koruptor adalah penjahat.
    Semua koruptor harus ditangkap oleh KPK.
    Maka kesimpulannya adalah beberapa yang ditangkap KPK adalah penjahat.

    Tidak ada koruptor yang mau ditangkap KPK.
    Semua yang ditangkap KPK harus diperiksa di pengadilan.
    Maka kesimpulannya beberapa yang diperiksa di pengadilan adalah bukan koruptor.

    • . Silogisme Disjungtif

    Penjahat itu lari ke Solo atau Yogyakarta.
    Penjahat itu tidak lari ke Solo
    Maka kesimpulannya adalah penjahat itu lari ke Yogyakarta

    Penjahat itu lari ke Solo atau Yogyakarta.
    Penjahat itu lari ke Yogyakarta
    Maka kesimpulannya adalah penjahat itu tidak lari ke Solo.

    •  Silogisme Alternatif

    Heru berbaju putih atau tidak putih
    Heru berbaju putih
    Maka kesimpulannya adalah Heri bukan tidak berbaju putih.

    Heru berbaju putih atau tidak putih
    Heru bukan tidak berbaju putih
    Maka kesimpulannya adalah Heri berbaju putih.

    •  Dilema Konstruktif

    Jika hari minggu maka saya jogging.
    Jika lulus ujian maka saya senang.
    Hari minggu atau lulus ujian.
    Maka kesimpulannya adalah saya joging atau saya senang.

    •  Dilema Destruktif
    Jika hari minggu maka saya jogging.
    Jika lulus ujian maka saya senang.
    Saya tidak joging atau saya tidak senang.
    Maka kesimpulannya adalah bukan hari minggu atau saya tidak lulus ujian.

    •  Dilema Dua Arah

    Jika hari minggu maka saya jogging.
    Jika lulus ujian maka saya senang.
    Hari minggu atau saya tidak senang.
    Maka kesimpulannya adalah saya joging atau saya tidak lulus ujian.

    • . Simplifikasi Konjungtif
    Sinta anak pandai dan kreatif.
    Maka kesimpulannya adalah Sinta anak pandai.

    Sinta anak pandai dan kreatif.
    Maka kesimpulannya adalah Sinta anak kreatif.

    •  Penjumlahan Disjungtif

    5
    ∴ 5 ∨ 7

    Cynthia adalah gadis yang cantik.
    Maka kesimpulannya adalah Cynthia adalah gadis yang cantik atau memiliki tubuh seksi.

    •  Konjungsi

    5
    7
    ∴ 5 ∧ 7

    Yusuf mengambil kuliah jurusan Matematika.
    Yusuf mengulang mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak.
    Maka kesimpulannya adalah Yusuf mengambil kuliah jurusan Matematika dan mengulang
    mata kuliah Kalkulus Peubah Banyak.

    •  Komposisi

    Jika saya lulus ujian maka saya akan dibelikan sepeda motor baru.
    Jika saya lulus ujian maka saya akan senang.
    Maka kesimpulannya adalah jika saya lulus ujian maka saya akan senang dan dibelikansepeda motor baru.

    •  Teorema De Morgan

    Tidak benar bahwa saya malas dan saya nakal.
    Maka kesimpulannya adalah saya tidak malas atau saya tidak nakal.

    Nah, jadi sekarang Sobat sudah memiliki dasar logika untuk mengerjakan soal-soalSBMPTN pada bagian Tes Potensi Akademik. Baca juga


  • Tips dan trik mengerjakan soal TPA
  • smart solution mengerjakan TPA
  • Soal soal TPA beserta pembahasan
  • soal soal usm unsri
  • Kumpulan soal STAN dan Simak UI



    Nantikan juga tips dan trik terbaru lainnya:D

    #yang mau requwest silahkan corat coret di koment :)

                                                             vizzy.us safety url monetize

    Thursday, January 16, 2014

    Tips Mengerjakan Soal SBMPTN, Dan Ujian Mandiri

    Tips Mengerjakan Soal SBMPTN, Dan Ujian Mandiri
    Dalam mengerjakan soal soal yang bertipe ujian masuk PTN, kita dituntut untuk cermat dan cepat dalam mengerjakan setiap soalnya, untuk itu kita perlu strategi khusus dalam menjawab soalnya. soal soal tersebut ada petunjuk khusus dalam menjawabnya, dan tentunya ada tips dan trik agar soal tersebut dapat terjawab dengan cepat, sehingga dapat mengefisienkan waktu pengerjaanya :)



    PETUNJUK A 

    Mari kita amati petunjuk pada tipe soal ini:
    Pilih jawaban yang paling benar (A, B, C, D atau E)
    Sudah jelas bahwa kita hanya memilih satu jawaban saja di antara kelima jawaban.
    Khusus untuk mata pelajaran Matematika Dasar dan Matematika IPA, tipikal soal yang selalu muncul  memiliki pilihan jawaban yang sangat penuh jebakan. Karena ketika adik-adik melewatkan satu konsep dasar yang penting maka akan jatuh terpeleset pada jawaban yang kurang tepat.  
    Sangat disarankan untuk menguasai konsep dasarnya dulu sebelum menelan mentah-mentah metode cara cepatnya. Karena SBMPTN (dulu bernama SNMPTN) sangat berbeda dengan UN yang adik-adik jalani kemarin.  Kalau soal-soal di UN kemarin memang memberikan peluang untuk bisa diselesaikan dengan cara cepat yang sangat melimpah. Sementara itu, tipikal soal SBMPTN adalah dapat memuat lebih dari satu konsep yang saling terkait.Misalnya, dalam topik soal ”Barisan dan Deret” ternyata masih memuat konsep ”Logaritma”. Hal tersebut tidak hanya berlaku pada pelajaran IPA seperti Fisika, Kimia maupun Biologi, namun juga berlaku untuk beberapa pelajaran IPS lainnya. Berdasarkan pengalaman pada SBMPTN tahun-tahun sebelumnya bahwa porsi jawaban atau perbandingan banyaknya jawaban soal SBMPTN hampir selalu sama. Artinya jika pada pelajaran KIMIA terdapat 15 soal, maka kurang lebih akan terdapat masing-masing 3 buah jawaban A, B, C, D, atau E. Begitu juga untuk pelajaran yang lain. 

    PETUNJUK B
    Mari kita lihat petunjuk soal pada tipe ini:
    Soal terdiri atas tiga bagian yaitu PERNYATAAN, SEBAB, dan ALASAN yang disusun secara berurutan. 
    Pilihlah:
    A. Jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat. 
    B. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat.
    C. Jika pernyataan benar, alasan salah.
    D. Jika pernyataan salah, alasan benar.
    E. Jika pernyataan dan alasan , keduanya salah. 
    Pada bagian ini, menurut pengalaman jarang sekali terdapat jawaban E. 

    PETUNJUK C
    Selain soal-soal pilihan ganda A, B, C, D, dan E, SBMPTN juga memberikan soal yang berupa 4 (empat) pernyataan, yang terdiri dari pernyataan (1), (2), (3) dan (4). Nah, khusus untuk soal ini adik-adik harus terbiasa melihat bagaimana cara mudah untuk menyelesaikan soal dengan waktu yang sesingkatsingkatnya tetapi juga tidak meninggalkan aspek keakuratan jawaban benar.

    Mari kita amati petunjuk tipe soal ini:
    Pilihlah: 

    A. Jika jawaban (1), (2) dan (3) benar
    B. Jika jawaban (1) dan (3) benar
    C. Jika jawaban (2) dan (4) benar
    D. Jika jawaban (4) benar
    E. Jika semua jawaban (1), (2), (3) dan (4) benar 

    TRIK SUPERKILAT:
    Bila kita yakin salah satu dari jawaban (1) atau (3) adalah BENAR atau SALAH:
    1. Perhatikan setiap ada jawaban (1) maka jawaban (3) juga ada. Artinya jawaban (1) dan (3) adalah 
    jawaban paralel, jika jawaban (1) benar, maka jawaban (3) otomatis benar. Begitu juga sebaliknya,
    jika jawaban (1) salah, maka jawaban (3) juga salah. Jadi adik-adik hanya perlu mengecek kebenaran salah satu diantara (1) atau (3). 
    2. Nah, jika (1) atau (3) ada yang benar, maka langsung periksa jawaban (4). 
    3. Jika jawaban (4) benar, maka jawabannya pasti E. 
    4. Jika jawaban (4) salah, maka periksa jawaban (2).
    5. Jika jawaban (2) benar, maka jawabannya A. Tapi jika jawaban (2) salah, maka jawabannya pasti B.
    6. Terakhir, jika (1) atau (3) ada yang salah, maka langsung periksa jawaban (2).
    7. Jika jawaban (2) benar, maka jawabannya C. Tapi jika jawaban (2) salah, maka jawabannya pasti D. 

    Contoh:
    1. (SNMPTN 2011 – FISIKA IPA)  
    Tiga buah kapasitor dengan kapasitansi masing-masing 1 mF, 2 mF, dan 3 mF dirangkai secara seri
    dan diberi tegangan 1 volt pada ujung-ujungnya. 
    Pernyataan berikut yang benar adalah ....
    (1) Masing-masing kapasitor memiliki muatan listrik yang sama banyak. 
    (2) Kapasitor yang besarnya 1 mF menyimpan energi listrik terbesar.
    (3) Pada kapasitor 3 mF bekerja tegangan terkecil.
    (4) Ketiga kapasitor bersama-sama membentuk sebuah kapasitor ekuivalen dengan muatan 
    tersimpan sebesar 6/11.

    Pembahasan:
    Nah, perhatikan jawaban (1) atau (3). 
    Rangkaian seri kapasitor membuat besar muatan listrik masing-masing kapasitor sama. Dan
    ternyata jawaban (1) BENAR. 
    Sekarang periksa jawaban (4). 
    Lho mana satuannya? Masa kapasitor ekuivalennya cuman angka saja tanpa satuan... Padahal
    masing-masing satuan memiliki satuan mF. Jadi jawaban (4) SALAH. 
    Sehingga jawabannya adalah A.

    2. (SNMPTN 2007 – SEJARAH)
    Kebudayaan Eropa yang berpengaruh di Indonesia:
    (1) Cara berpakaian
    (2) Cara makan
    (3) Pendidikan
    (4) Gotong-royong 
    Pembahasan Pembahasan:
    Nah, perhatikan jawaban (1) atau (3). 
    Ya! Cara berpakaian Eropa memberikan pengaruh di Indonesia. Jadi jawaban (1) BENAR.
    Sekarang periksa jawaban (4).  
    Gotong-royong adalah sifat luhur yang sudah ada sebelum Eropa datang. Jadi jawaban (4) SALAH.
    Sehingga jawabannya adalah A. 

    3. (SNMPTN 2003 – SOSIOLOGI) 
    Jenis lembaga pendidikan sosial berikut ini yang kurang efektif adalah .… 
    (1) Pendidikan
    (2) Hukum
    (3) Teguran
    (4) Gosip 

    Pembahasan:
    Hati-hati yang ditanyakan adalah lembaga yang KURANG EFEKTIF.
    Nah, perhatikan jawaban (1) atau (3). 
    Pendidikan jelas efektif lah! Jawaban (1) SALAH.
    Karena jawaban (1) atau (3) salah, maka sekarang periksa jawaban (2).  
    Hukum juga lembaga pendidikan sosial yang efektif. Jadi jawaban (2) SALAH.
    Sehingga jawabannya adalah D. 


    Yang  mau request request monggo di corat coret di komentar :D



    Perkiraan Jadwal Masuk Perguruan Tinggi 2014

       Prediksi Jadwal Ujian Masuk Perguruan Tinggi 2014
               

    sbmptn









                                                                                 
    SBMPTN www.sbmptn.or.id
    • (info lebih akurat silahkan kunjungi web masing2)                      # Pendaftaran 13 mei - 7 Juni
    Kedinasan                                                                                          #Tes 18-19 Juni

    1.STAN                                                                                            #Pengumuman 27 Mei

    • pendaftaran  : 8-17 juli                                    SPMB(UMBPTN) http://www.spmb.or.id/
    • tes tertulis     : 23 agustus                               
    • tes 2             : 3-8 oktober                                        # Pendaftaran : 27 Mei - 19 Juli
    • tes 3             : 24-30 oktober                                    # Tes 21 Juli
    • pengumuman: 30 November                                     # Pengumuman 28 juli
    2. STIS 

    • pendaftaran  : 8 Maret-19 April
    • tes tertulis     : 4 mei
    • tes 2             : 8 juni
    • tes 3             : 1-5 juli
    • pengumuman: 19 juli
    3. STPN 
    • pendaftaran  : 25 juni-6 juli
    • tes tertulis     : 2 agustus
    • tes 2             : 17-19 september
    • tes 3             : -
    • pengumuman: 21 september
    4. Poltekkes Seluruh Indonesia
    • pendaftaran  : 30 april-21 juni
    • tes tertulis     : 23 juni
    • tes 2             : 23 juni
    • tes 3             : -
    • pengumuman: 25 juni  
                                      Ujian Mandiri PTN
    Jalur Masuk     pendaftaran             tes             pengumuman
    UM UGM       20 mei-30 juni         7 juli              31 juli
    UM UNDIP    29 mei-28 juni         6 juli              12 juli
    SIMAK UI      6 mei-10 juni         30 juni             19 juli

    NB: Jadwal dapat berubah2 karena ini prediksi berdasarkan tahun 2013 kemarin
          

    Ads Inside Post

    semoga bermanfaat